(almost) q1 highlight: ikut tahura trail run!

by - 6:25 PM

...1st TRAIL RUN: TAHURA TRAIL RUN
Yuhuu! Bisa dibilang ini keputusan tergila gw dalam dunia perlarian selama ini hihi. Gimana enggak, walopun udah setahun ini demen lari, gw sangat jarang dan males banget ikutan event lari. Cuma pernah ikut 2 event lari, Jakarta Green Run, itu pun karena event kantornya Andri dan didaftarin sama Andri, dan Bandung Eat & Run, karena EO-nya kampus adek gw, jadi sekalian bantuin eventnya dia. Kedua-duanya dengan jarak 5 kilo sajah hahaha. 

Bukannya apa-apa sih, gw agak males ribet sama urusan online registration. Event lari gitu kan biasanya musti daftar online. Dan biasanya begitu mendekati hari H event, di mana kayanya semua orang pada ikutan, gw udah kehabisan slot. Selain itu, gw suka males bangun paginya. Maklumlah, biasanya event lari gitu biasanya harus standby pagi buta. Sebelum sholat Subuh harus udah siap-siap. Malah kadang-kadang musti sholat Subuh di venue. Apalagi kalo lokasi venuenya jauh dari rumah. Bhay!

Eh apa-apaan ini tiba-tiba 'musti' ikutan TRAIL run race dengan jarak 17 kilo pulaaa, tanpa persiapan APAPUN! Di apps Nike+ gw aja selama ini paling jauh cuma lari 12 kilo!

Sebenernya Andri udah daftar race ini dari beberapa bulan lalu. Andri ambil yang 21 kilo. Pas ditawarin ikutan daftar, biasalah gw menunda-nunda entah dengan alasan apalah waktu itu. Di H-5 event, Andri bilang ada temennya yang mau jual race packnya karena lagi hamil muda dan disuruh bed rest sama dokternya (lagian gila banget ini si Dea lagi hamil muda tetep mau ikut trail run). Mikir-mikir bentar, akhirnya gw mau ambil karena gw tau ada temen yang ikutan 17 kilo juga. Jadi nanti larinya bakal ada temen. 

Jadilah dengan modal super nekat (baca: gak ada training plan, gak punya sepatu trail run, dan gak punya tas buat lari!), gw bertekad ikutan trail run!


***

Jadilah di malam sebelum lari, gw dan Andri carbo loading di Tizi's. We loooove the food! Also the ambience that we had dinner with lovely family. Walopun macetnya perjalanan dari rumah ke Dago di malam Minggu itu luar biasa bikin emosi. Oh iya, hari sebelumnya kita ke Eiger di Jalan Sumatera, buat beli-beli tas lari hehe, teteup yaa gear nomor satu.

Walaupun start lari jam 06.15 (Andri - 21K) dan 07.15 (gw - 17K), tapi kita udah sampe venue sekitar jam 5.15 subuh supaya dapet parkir di deket Tahura. Pokonya bangun super pagi, mandi kilat, sholat Subuh tepat abis adzan (subhanallah ya), trus langsung cusss. Dan alhamdulillah masih dapet parkiran di Tahura. Udah lumayan rame juga waktu itu.

Di sekitar venue, aura race udah berasa. Semua runner udah siap sama gear canggih masing-masing. Ckckck gini yah rasanya ikut event. Semua runner yang kayanya punya geng lari asik foto-foto sama gengnya. Lah kita? Berdua aja sambil nyengir ngeliatin orang-orang, sambil gerak-gerakin badan karena kedinginan. Gear juga minim banget. Andri sempet jiper juga takut salah kostum kedinginan. Doi gak bawa jaket atopun pake legging lari macam 2XU gitu (geli katanya). Ya sudahlah, pasrah aja. Apapun yang terjadi, terjadilah. Targetnya cuma bisa finish.

Wefie sebelum lari. Alis dan eyeliner masih eksisss!
Masuk venue, langsung janjian sama Sisca, team agency gw yang juga my running buddy. Sisca bareng temennya, jadi kita bakal lari bertiga. Trus sempet juga ketemuan dan foto-foto sama eks temen kantor lama, Andri (juga namanya) yang emang runner dan event runner sejati. 

Masih seger!!
With Sisca, before start. Masih kece belum keringetan
With Andri, my ultimate runner and race hunter buddy!

Setelah berasa lama nunggu waktu start yang emang agak molor dikit, akhirnya kita lari jugaaa!

Aaah, I really love running in the morning breeze. Adem, dingin. Apalagi viewnya juga bagus. Pohon pinus, bukit, sungai. Tapi sayang banget malah gak sempet foto-foto view-nya.


Gw gak bakal cerita kilo per kilonya ya, tapi highlight random yang gw inget:

- Tanjakan-tanjakannya bikin mau pingsan, tapi turunan-turunannya bikin super jiper. Asli! Karena sepatu gw buat lari di jalanan biasa (yang mana solnya gak punya grip/semacam gigi buat menahan lumpur/tanah becek), berasanya jadi gak pede karena takut kepleset. Iri banget liat Sisca bisa dengan lincah pas di turunan karena pake sepatu trail run. Gak takut kepleset ya Jeng hehe.

Tapi untung banget semalem gak ujan, jadi (katanya segitu) gak terlalu becek. Padahal banyak juga track yang berlumpur tebal. Kebayang kalo ujan.

- Ada spot di mana kita harus nyebrang sungai daaan... gak ada marshall-nya satu pun! Jadilah kita sesama runner saling berpegangan aja supaya gak jatoh kepleset.


- Kayanya terakhir kali gw jalan di track begini pas Pramuka SMP dulu deh. Hmm, apa pas ospek kuliah ya? Pramuka sih masih mending bawa tongkat, jadi bisa pegangan di tanah lumpur. Lah kita, ga bawa apa-apa :(. Kepleset ya kepleset. Kalo mau pegangan sama pohon.

- Di beberapa spot (kayanya 1/3 kilometer pertama) pas nanjak, gw sempet blank banget. Berasa gak sinkron antara otak dan kaki. Rasanya bener-bener mau pingsan. Mana di sebelah kiri jurang. Kalo udah begitu, tipsnya: ikuti langkah kaki orang di depanmu. Trus minum atau makan sesuatu supaya otak kembali 'connect'.

- Penting gak penting bawa minum. Soalnya water station cukup banyak. Dan karena cuacanya dingin, jadi gak terlalu haus. Sisca malah gak bawa minum sama sekali.

Fitbar dan Snickers yang gak kemakan sampe finish hihihi
- Kalo udah sampe spot tinggi habis nanjak, jangan lupa langsung foto/selfie. Gak usah mikir di depan bakal ada view yang lebih bagus. Ntar tinggal foto lagi aja. Minta runner lain aja fotoin, pasti mereka mau. Atau malah minta gantian fotoin. Runner lain sih pada banyak yang bawa gopro. Emang pada niat sih ya.






- Akhirnya finish setelah nyaris 3 jam! (apps Nike+ nya sering pause karena sering berhenti)
My longest run, indeed!


Gileee, gak nyangka banget bisa finish walopun dengan kepayahan. Di kilometer terakhir aja gw udah bodo amat deh sama catatan waktu. Sisca udah entah di mana. Dia udah duluan dari kapan tau deh hehehe. Yang penting gw nyampe garis finish, cuma itu yang ada di pikiran gw waktu itu.

Thank you banget buat Dea, who make this experience ever happened to me! Walopun feel very sorry for her karena akhirnya harus keguguran :(. Next year ya De!

Kelar lari, rasanya super hepi! Both endorphine and adrenaline rush in my blood!! Oh iya, sayang banget gak sempet ketemuan sama @yanisyahril dan little Amira yang nungguin suaminya lari juga. Next year ya Yan!

Abis lari, kita berdua langsung hajar makan gado-gado jl. Teuku Angkasa porsi besar! Hohoho.



To sum up:
- Honestly, trail run ini gak terlalu capek dibandingkan dengan road run dengan jarak yang sama. Soalnya di trail run ini banyakan jalan daripada larinya. Jadi trail run ini akan merusak average pace di apps Nike+ karena bakal jauh lebih lambat daripada lari biasa (eh itu gw sih hehe).

- I love love love love trail run, because I love the view and the breeze! And I want to do more trail run! 

- Ehm, and I need trail run shoes! :)))

Kece nih trail run shoesnyaaa
Kalo Andri lebih suka lari di track jalanan biasa, karena dia gak terlalu suka adrenaline rush-nya. Soalnya doi sempet jatuh kepleset :(. Terlebih karena trail run gak terlalu bakar banyak kalori karena lebih banyak jalannya.

Jadi pengen trail run lagiiii.... Ntar deh yaaa, kalo udah beres urusan program baby dan (hopefully) setelah menyusui. Amiiiin :)))

Couples work out together, stays together! Amiiiinnn...

You May Also Like

2 komentar

  1. Replies
    1. Seruuu deh Tyaas.... Apalagi kalo suka alam.. Kalo tracknya buat atlet kayak kamu mah gampaaang hehe

      Delete