#EUROTRIP – chill yet warm & surprisingly beautiful Netherland (Amsterdam-Lisse-Volendam) *updated*

by - 7:16 PM

Disclaimer:
Posting sebelumnya di sini.
Berhubung Eurotripnya saya ikut group tour, jadi jangan tanya how-to-get-there nya ya, karena semua pasti akan saya jawab dengan mantap: pake bus (tour) :) ! Di sini saya cuma share foto-foto tempat dan experience behind-nya. Jadi, mudah-mudahan gak kaya baca itinerary tour di website atau brosur di travel fair yaaa. Semoga menghibur :)


Flight: 1st timer with SQ

Sedikit intermezzo ya, waktu TK gw dulu bercita-cita jadi pramugari karena alasan klise: “Bisa jalan-jalan!”. Bahkan pas acara karnaval yang mengharuskan tiap anak pake kostum profesi, gw pake kostum pramugari, lengkap dengan pin asli dan topi asli pramugari Garuda, pinjem sama temen nyokap yang emang pramugari Garuda jaman dulu. Gw inget banget, kostumnya masih warna oranye. Tuwir ya bok.

Trus, gw inget banget dulu pernah sesumbar sama Andri, “Pokonya one day, aku mau ngerasain terbang pake SQ!” Sok iye bener, padahal sekali beli tiket SQ Jkt-Sg bisa setara dengan 3x harga tiket QZ. Apalagi kalo lagi super promo. Bisa sepersepuluhnya. Ya kan waktu itu mikirnya kali aja dibayarin sama kantor, gitu. Yang penting kan naik SQ hehehe.

Lha kok ya ndilalah, pas banget sama availability tour-nya. Padahal tadinya kita pilih tanggal lain dengan flight lain. Tapi karena di tanggal tersebut kuota minimum pesertanya belum terpenuhi, jadwal kita digeser ke tanggal lain yang mana adalah menggunakan pesawat berkode SQ impianku. Alhamdulillah ya Allah....

Learningnya: ucapan adalah doa. Mak dar it, berucaplah yang bagus-bagus :) #edisi alim

So, how was the 13+ hours flight?
Kita terbang dengan Boeing 777-200. Rutenya CGK-SIN. Transit sekitar 2 jam di Changi, trus lanjut SIN-AMS selama sekitar 13 jam. Pesawatnya gedeeee. Tapi seenak-enaknya di pesawat, kalo gak di first class atau suite class yang bisa tiduran itu ya tetep aja... pegel! Dan sampe sekarang gw juga masih bingung, kok bisa ya waktu itu gw betah gak berdiri sama sekali. Bahkan selama 13 jam itu gw sama sekali gak ke toilet. Ckckck kandung kemih gw udah kayak buntelan kali ya waktu itu.

Trus ngapain aja di pesawat?
Ya tidur-bangun-makan-nonton film/series-tidur-bangun-makan. Gitu aja terus. Yang agak bingung waktu sholat. Jadinya pake ilmu kira-kira aja. Kapan kira-kira jamnya Subuh, jamnya Isya, dan seterusnya. Oh ya, yang agak ganggu adalah batuk. Dan parahnya lupa bawa obat batuk! Jadi ya sering-sering minta air putih aja sama mbak/mas pramugari/a-nya.

Dan karena belum ada pembanding flight lain, gw amazed sama in-flight entertainmentnya SQ: KrisWorld yang kayak remote TV itu. Kerennn... menunya banyak. Film/series/musik/gamesnya banyaaaak. Keren deh pokonya!

Btw, my skin should say thank you to this....



Yap, this pure olive oil from Wardah! #bukanpromo 
Secara kulit gw kering dan gampang bruntusan, kena udara AC pesawat yang kering bikin makin parah. Pokonya tiap berasa mulai kering, langsung oles. Wanginya enak, murmer pula! Cinta deh.

Makanannya gimana?
Enak! Tapi gak pake banget. Enak aja. Pilihan menunya lumayan banyak. Tapi seenak-enaknya makanan pesawat, ya gitu aja.



So, how’s overall experience with SQ?

HAPPY!!

Apalagi di menit-menit mau landing, gak brenti-brentinya gw liat jendela pesawat dan super duper excited ngeliat pemandangan di bawah sana yang super teratur dan rapi berwarna-warni....

Ada kincir angin.. Ada kebun tulip jugaaa!

Amsterdam... ik kom eraan!! (artinya I’m coming – hasil google translate barusan hihihi)


1st Check-in: Schipol, Amsterdam – Keukenhof, Lisse

Still remember, the mixed feeling when I stepped into the Schipol Airport was: excited and... super chilled! Gile, dingiiiin bok! Bener-bener kayak kalo buka kulkas, trus ada angin dingin bertiup-tiup bikin idung kembang kempis. Sok iye deh gw gak bawa syal tebel. Tapi lumayanlah syalnya Cotton Ink bisa agak nahan dingin walopun lebih baik bawa syal bahan WOOL yaaa. Untung juga udah bawa sarung tangan wool di tas, it really helps! Andri aja yang nyengir-nyengir kedinginan karena sok kuat cuma pake jaket 1 lapis.

Our 1st destination was Keukenhof! Taman bunga cantik yang tiap tahunnya cuma dibuka kalo musim semi; dari bulan Maret – Mei. Keukenhof ada di kota Lisse, gak jauh dari kota Amsterdam. Lisse ini semacam Puncak vs Jakarta kali ya, tempat relaksnya orang-orang Amsterdam. Paling ramenya ya selama Keukenhof buka.

Kita nyampe sekitar jam 9.30 an, belum terlalu rame. Dan gw sangat sangat amazed sama Keukenhof karena.... cantiiiiik banget! Bener deh, kalopun gak terlalu suka sama bebungaan, pasti bakal suka sama Keukenhoff karena bunga-bunganya cantik-cantik banget. 1st time liat tulip dan super duper amazed.... It was like surreal... Baguuuuss banget. Kayak bunga plastik gitu.



  



Ini kayanya semacam warna-warni yang dilihat dari pesawat deh...
Kebun tulip!
Sakura apa cherry blossom ya??

Kalo mau muterin semua Keukenhof, 3 jam cukup kok. Itu udah pake duduk bentar sambil makan dutch waffle yang leikker dan hot chocolate....




Next stop: Volendam

Puas dengan bebungaan, kita menuju Volendam, kota kecil di utara Amsterdam yang posisinya di tepi laut. Sepanjang perjalanan, gw sangat amat jatuh cinta sama bentuk rumah dan bangunan di Belanda. Banyak main bata ekspos dan kayu natural ekspos. Cantiiiik.

 

Di pitstop menuju Volendam...
eits maap, mejeng dulu kitaaa ;p

Volendam ini asalnya desa nelayan, tapi sekarang sudah tidak terlalu aktif dan banyak digunakan sebagai rumah peristirahatan. Semacam vila gituu. Rumah-rumahnya juga cantik-cantiiik. Duh I cant stop wondering, hows life there yaa. No hustle. No traffic. So peaceful.








Di Volendam banyak tempat makan dan toko souvenir. Ada juga toko keju Cheese Factory Volendam yang jual segala macam keju. Katanya sih yang enak keju edam. Tapi di situ gw malah beli hiasan dinding hehehe. Dan dibanding tempat lain, harga barang-barang dan souvenir di Volendam ini lumayan reasonable. Menurut gw sih kalo mau beliin souvenir, di Volendam aja. Kartu pos, gantungan kunci, atau magnet-magnetan kulkas yang 1 euro-an. Coaster juga lumayan loh, 1-2 euro dapet setengah lusin. Eh atau di Italy juga lumayan reasonable. Setidaknya dibanding Brussel, Lucerne, atau Paris.

Souvenir di Cheese Factory juga lucu lucuuu
Yang suka knick-knacks home decor... monggo dipiliih..
Semacam Moje gitu... 

Kita lunch di resto fish n chips apaaa gitu. Di resto ini juga gw menghilangkan sarung tangan pinjeman dari Nyanya. Maap ya Nyaaa, u should go back here :)). Rata-rata 1 porsi 10 euro. Jangan diconvert ke Rupiah yaa, soalnya bakal sakit ati :(. Air mineral aja sebotol 500 ml harganya min. 1 euro alias 16 ribuan. Mau nangis gak sih. Etapi kalo mau makan yang lebih murmer, ada stall makanan yang jual hot dogs 5 euro-an. Kayanya sih enak, soalnya lumayan antri.

Dont leave Volendam without foto ala babah dan bude Belanda :DD

1st cruise: Amsterdam Canal Cruise

Punya waktu terbatas tapi pengen keliling kota Amsterdam? Tentu bisa!

Seperti kota-kota besar dunia lainnya, Amsterdam juga dikelilingi sungai. Banyak bangunan cantik berdiri di pinggir sungai. Sama sekali gak rugi nyobain canal cruise, karena banyak yang bisa dilihat.

Kita masuk kota Amsterdam udah sore, jam 5 an kali ya. Tapi enaknya Eurotrip di musim semi, baru gelap itu di atas jam 8 malem. Jadi hari rasanya panjang. Jam 5 sore masih terang. Cuma emang cuacanya mendung-mendung-berangin gituh. Jadi gak terang matahari.

Ada banyak pilihan canal cruise. Lihat di sini kalau mau lebih detail. Biayanya sekitar 10-20 euro, tergantung paketnya. Ada yang termasuk paket masuk museum Anne Frank segala. Yang kita naikin sih Cuma canal cruise paket standard. 

Glance of the view...









Oh ya, pilih posisi di luar ya. Biar pemandangannya makin pol diterpa angin Amsterdam yang dinginnya makjleb! Yang penting pake coat, syal, dan sarung tangan. Sekian tips dari Desi si jompo tolak angin mania.


Sumpah itu kedinginan, bukan kebauan!

Verdict? I love love love looove Amsterdam! It was chill indeed, yet the atmosphere was lovely and warm. I love the houses, the buildings, the flowers, the weather, the windmills, but not the wind!


Kalo punya kesempatan lagi, gw mau re-visit Amsterdam. Masuk museum Anne Frank, nongkrong di Hard Rock Cafe pinggir kanal, dan puas-puasin makan dutch waffle. 

To me, Netherland was surprisingly beautiful! Gak nyangka kalo Negeri Belanda sang mantan penjajah itu cantik dan sangat inspiring. IHHH kenapa gak dibagi-bagi sih ilmu tahan banjirnya!! *lahh siapa suruh orang Jakarta tetep bangun segala macem dan buang sampah sembarangan*

You May Also Like

3 komentar

  1. Hai desii..gw suka ngebacain postingan org ttg belanda,pgn tau aja sudut pandanv turis gmn..hehe..
    Next time,ga ush pake grup dn nangan cmn ke amsterdam..for me,it's too hectic..too many tourists and you can smell weet everywhere.
    Yg dkt jga sama amsterdam ada bbrpa yg oke..kaya the hague,tmpt gw tgl,isinya ada istana2 trus pantai scheveningen, trus ada mini belanda yg cukup mengagumkan namanya madurodam..
    Trus kalo pgn belanja yg hrganya agak oke alias murah,ke factory outletnya di Lelystad ato di Roermond.

    Dan toko kejuuu...yg namanya gerookte kaas (smoked cheese), iimhh enak maknyus loh yaa..hehe

    And you should try the speculaas. Kalo kata nenekku yg hidup d jaman belanda,rasanya kaya spekulas jaman dulu..enaakk..hehe

    Well,salam kenal dari negri yg jarang panas ini :)

    ReplyDelete
  2. Haiiii Puutt (benarkah namamu Putri? hehehe)
    thank youu for visiting & post comment yaah... Thank you juga rekomendasi tempat-tempatnyaa... Iya tuh padahal pengeeen juga ke Madurodam.. Nyobain speculaas jugaa!

    Someday I will will be back to Netherlands, dan gak pake group tour! Amiin :)

    Btw selama di Europe, gw justru wondering, how's life there, terutama yang di pinggiran kotanya... It must be peaceful, somewhat 'low' speed compare to Jakartans, ehm Jakarta's suburban tepatnya hehehe... Is it?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Desi!iyaa..benerrr,namaku Putri..hehe..

      Next time, kalo ak masi disini,kabari ajaa,siapa tau ak bisa ngajakin jalan or at least ngasi tau places worth to visit..

      To be honest,kita ga pinggir2 bgt,di kota besar,cuman emg dapet apartemen yg daerahnya tenang..dan emang ga adalah yaa yg namanya macet kalo d dalem kota..macet itu biasa jalan tol di jam2 tertentu (rush hour / spitsuur kalo kata org belanda)..tapi diluar jam itu,jalanan emg santai. Suamiku kalo kerja pake public transport krna handy dn so far so good. Ga desek2an dll.
      Dulu kita perna tgl di kota keci,namanya Deventer. Naah,kalo itu memaaangg super tenang. Haha. Toko tutup jam 6,minggu ga ada yg buka. Diatas jam 8,jalan pn udh tenang. Hihi. Dn memang ahirnya ada kebahagiaan dn kesedihan tersendiri tgl d kota kaya gitu.

      Delete